Tradisi Unik Sambut Tahun Baru di Berbagai Negara

0
38

Suratkabarnasional.com – Di Indonesia, malam pergantian tahun baru dirayakan dengan pentas musik, hingga pesta kembang api. Meski ada juga yang hanya sekedar berkumpul di rumah bersama keluarga sambil makan-makan. Namun sejumlah negara di dunia memiliki tradisi unik dalam merayakan malam pergantian tahun. Tradisi tersebut ada yang sudah berlangsung selama ratusan tahun dan sarat dengan makna, doa, dan harapan. Berikut adalah berbagai tradisi tahun baru di berbagai negara di dunia:

  1. Brasil

Memakai baju putih sebelum melompati tujuh ombak di pantai setelah jam menunjukkan pukul 12 malam sambil memikirkan tujuh harapan menjadi tradisi menarik di Brasil.

  1. Amerika Serikat

Jutaan warga Amerika berkumpul di Times Square untuk menyaksikan tradisi penjatuhan bola raksasa pada jam 12 tengah malam tahun baru. Tradisi ini pertama kali diinisiasi oleh pemilik New York Times Adolph Ochs pada 1907. Meski demikian tradisi ini sejatinya bukan untuk merayakan tahun baru melainkan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap kantor New York Times yang baru. Namun sejak itu tradisi penjatuhan bola raksasa menjadi atraksi perayaan tahun baru paling populer di New York.

  1. Spanyol

Masyarakat di Spanyol punya kebiasaan unik untuk menyambut tahun baru. Mereka biasanya memakan 12 butir anggur pada tengah malam tepat pukul 12 malam ketika hari berganti. Tradisi ini diyakini dapat meningkatkan keberuntungan di tahun yang baru.

  1. Italia

Tradisi di negara ini tak kalah unik bila dikaitkan dengan tahun baru. Masyarakat setempat biasanya memakai pakaian dalam berwarna merah dengan harapan mendapatkan hal-hal baik di tahun yang baru.

  1. Yunani

Bawang dipercaya sebagai simbol kelahiran baru, jadi bawang digantungkan di pintu untuk menyambut tahun baru.

  1. Chili

Tradisi menyambut tahun baru di sini tak kalah unik. Orang-orang biasanya menyambut tahun baru di kuburan bersama anggota keluarga yang telah meninggal.

  1. Denmark

Piring menjadi bagian penting dari kebiasaan menyambut tahun baru di sini. Biasanya, orang-orang di Denmark melemparkan piring ke pintu pada malam tahun baru karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Konon, semakin banyak piring yang pecah di pintu Anda, tahun baru akan semakin baik untuk Anda.

  1. Kanada

Memancing ikan di es jadi salah satu aktivitas yang dilakukan orang Kanada untuk menyambut tahun baru.

  1. Filipina

Pada malam tahun baru, keluarga di Filipina menyajikan dua belas buah berbentuk bulat, misalnya apel dan anggur, yang dipercaya melambangkan kemakmuran. Angka 12 berkaitan dengan jumlah bulan dalam setahun.

  1. Irlandia

Untuk mengusir roh jahat, keluarga di Irlandia menyambut tahun yang makmur dengan memukulkan roti ke dinding dan pintu rumah.

  1. Kolombia

Menaruh Kentang di Bawah Tempat Tidur, warga Kolombia memiliki tradisi tahun baru yang unik yang bernama agüero, yakni menaruh tiga buah kentang di bawah tempat tidur tiap-tiap anggota keluarga dengan satu kentang dikupas seluruhnya, satu dikupas hanya sebagian, dan satu kentang tidak dikupas. Pada tengah malam masing-masing anggota keluarga akan mengambil satu kentang dengan mata tertutup, dengan tiap kentang dapat melambangkan keberuntungan, kesulitan keuangan, atau kombinasi keduanya.