10 Obat Alami untuk Mengatasi Asam Urat yang Penting Diketahui

0
42

Suratkabarnasional.com – Beberapa herbal dan makanan lainnya bisa diramu menjadi obat alami untuk mengatasi asam urat sebelum berkembang menjadi masalah serius.

Mengutip Cleveland Clinic, asam urat membuat Anda mengalami rasa sakit dan bengkak pada satu sendi atau lebih, terutama di jempol kaki.

Jika asam urat tidak segera diatasi sejak dini, dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen.

Penumpukan asam urat di persendian dan jaringan lunak disebut tophus.

Beberapa penderita asam urat juga dapat mengembangkan masalah kesehatan lainnya, seperti radang sendi parah, batu ginjal, dan penyakit jantung.

Sehingga, sebelum bertambah parah penyakit asam urat harus diredakan, salah satunya dengan beberapa obat alami berikut ini:

  1. Ceri

Mengutip The Healthy, ceri memiliki sifat antioksidan yang sangat baik menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat.

Ceri juga membantu mengurangi peradangan dan asam urat karena mengandung anthocyanin.

  1. Jahe

Mengutip The Healthy, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan asam urat.

Salah satu cara untuk mengkonsumsi jahe adalah dengan memasukkan ke dalam masakan sebagai bumbu penyedap.

Cara lain adalah dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air mendidih dan meminum campuran itu setelah menjadi hangat.

Pilihan lainnya adalah dengan meramu jahe menjadi obat oles. Caranya dengan mencampur bubuk jahe dengan air hingga menjadi pasta, lalu mengoleskannya ke daerah yang terkena asam urat.

Anda perlu membiarkannya selama sekitar 30 menit.

  1. Cuka sari apel

Mengutip The Healthy, cuka sari apel adalah salah satu bahan yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat.

Keasaman dari cuka mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Untuk Anda yang ingin menggunakan obat alami ini, disarankan untuk menambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum 2-3 kali sehari.

  1. Pisang

Mengutip The Healthy, pisang yang mungkin menjadi makanan rumahan biasanya nyatanya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi asam urat.

Tingginya kadar potasium pada pisang mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi cair, yang kemudian akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing.

Pisang juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu mengurangi asam urat.

Selain itu, pisang merupakan makanan anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi karena penyakit asam urat.

  1. Apel

Mengutip The Healthy, sebuah apel sehari dapat meringankan penyakit asam urat Anda, sehingga mengurangi intensitas Anda bolak-balik ke dokter.

Hal itu karena apel mengandung asam malat yang akan mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri hebat sebagai gejala asam urat.

Asam malat menjadikan apel salah satu obat alami untuk mengatasi asam urat yang paling optimal.

  1. Air lemon

Mengutip The Healthy, cara terbaik untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan dari asam urat adalah dengan mengurangi kadarnya dalam aliran darah.

Lemon adalah buah lainnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat.

Air lemon berfungsi sebagai yang akan mengurangi jumlah asam urat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan air lemon menjadi obat alami penyakit asam urat.

Air lemon dari satu buah utuh dapat Anda campur dengan setengah sendok teh soda kue. Lalu, setelah desisnya berhenti tambahkan itu ke segelas air dan segera minum.

Cara lainnya adalah menambahkan air lemon ke segelas air putih dan minum sekitar tiga gelas sehari.

  1. Soda kue

Mengutip The Healthy, soda kue juga merupakan bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi obat alami penyakit asam urat.

Soda kue mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan meredakan nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

Disarankan untuk mencampur setengah sendok teh ke dalam segelas air dan meminumnya hingga 4 kali sehari selama dua minggu untuk menjadi obat alami yang mengatasi asam urat.

Jika Anda berusia di atas 60 tahun cukup minum larutan ini 3 kali sehari.

  1. Arang aktif

Mengutip The Healthy, arang aktif dapat menjadi ramu obat alami untuk mengatasi asam urat.

Kemampuan arang untuk menyerap asam urat akan membantu mengurangi gejala nyeri parah yang disebabkan penyakit ini.

Ada beberapa pilihan cara untuk menggunakannya, yaitu pertama, Anda berendam di bak mandi dengan setengah cangkir bubuk arang.

Bisa juga Anda mancampur bubuk arang dengan air untuk menjadi pasta atau salep. Kemudian, oleskan ke area tubuh yang nyeri karena asam urat.

  1. Seledri

Mengutip Healthline, seledri adalah sayuran yang umumnya dimanfaatkan untuk mengobati masalah kencing.

Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa memanfaatkan seledri utuh atau bijinya sebagai obat alami. Ini telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Anda bisa mengkonsumsi sayuran ini dalam bentuk mentah, menjadikannya jus, atau ekstrak.

Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat sebelum mengkonsumsinya.

  1. Jelatang

Mengutip Healthline, jelatang (Urtica dioica) adalah obat alami untuk mengatasi asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Satu studi menunjukkan jelatang bisa melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan, dan cedera ginjal diinduksi oleh pemberian gentamisin, antibiotik.

Untuk menggunakan jelatang sebagai obat alami penyakit asam urat, Anda bisa menjadikannya sebagai teh.

Ambil 1-2 sendok teh jelatang kering dan seduh dengan air panas. Minum selagi hangat 3 cangkir per hari.