LAN Menduduki Peringkat II Pelaksanaan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022

0
26

Suratkabarnasional.com – Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali mengukir prestasi dengan meraih peringkat ke II Pelaksanaan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022 tingkat Kementerian dan Lembaga Kategori Pagu kecil.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala LAN, Adi Suryanto dari Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 yang diselenggarakan di Gedung Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Penghargaan ini diberikan kepada LAN karena telah memenuhi penilaian dari Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dengan fokus penilaian pada penguatan sumber daya manusia, akselerasi pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, revitalisasi industri dan pembangunan ekonomi hijau.

Adi Suryanto setelah menerima penghargaan menyampaikan akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas belanja LAN secara konsisten. Selain itu Adi Suryano juga berharap perolehan prestasi ini akan terus memacu semangat kinerja pegawai di LAN. “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh pengelola anggaran, pimpinan satuan kerja, dan juga seluruh pegawai LAN atas raihan kinerja dan prestasi yang hari ini diterima. Semoga capaian ini tidak membuat kita berpuas diri dan senantiasa terus berusaha menjadi lebih baik lagi” tutupnya.

Dalam Rakornas yang bertema “Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia”, Sri Mulyani menyampaikan peningkatan perekonomian Indonesia di kuartal pertama yang mencapai lebih dari 5 persen, capaian ini merupakan hasil kerja seluruh Kementerian dan Lembaga dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih berkualitas.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani menekankan kepada akselerasi dan peningkatan kualitas belanja atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dimana dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo mengingatkan bagaimana APBN menjadi solusi untuk meningkatkan kemakmuran rakyat dan kualitas hidup masyarakat.

Sri Mulyani menjelaskan, pihaknya telah melakukan simplifikasi indikator kinerja pelaksanaan anggaran belanja untuk mendorong akselerasi realisasi dan capaian outputnya dengan tetap menjaga value for money, penyempurnaan online monitoring SPAN, untuk mengintegrasi seluruh sistem informasi terkait penyaluran ke daerah, serta pengembangan modul capaian output berbasis aplikasi.

“Berbagai upaya tersebut tentunya memerlukan dukungan seluruh pihak, untuk itu, melalui rakornas ini untuk dapat menjadi suatu komitmen dan sinergi dari seluruh Kementerian dan Lembaga untuk dapat mengakselerasi peningkatan kualitas belanja pemerintah,” tutupnya.

Berikut ini K/L dengan serapan belanja berkualitas dan terbaik sepanjang 2022:

– Pagu Besar
1. Kementerian Keuangan
2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
3. Kepolisian Republik Indonesia
4. Kejaksaan Agung
5. Mahkamah Agung

– Pagu Kecil
1. Majelis Permusyaratan Rakyat
2. Lembaga Administrasi Negara
3. Dewan Perwakilan Rakyat
4. Sekretariat Kabinet
5. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi