Penumpang Pesawat Live di Facebook, Tak Tau Peswat Akan Jatuh

0
34

Suratkabarnasional.com – Dunia penerbangan baru-baru ini diramaikan dengan tragedi jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal pada Minggu (15/1/2023). Jatuhnya pesawat ATR 72-500 bermesin ganda dengan penerbangan domestik dari Kathmandu ke Pokhara tersebut menewaskan sedikitnya 68 orang. Ini menjadi kecelakaan pesawat terburuk di Nepal dalam 30 tahun terakhir. Detik-detik akhir pesawat sebelum jatuh dan terbakar ini ternyata sempat terdokumentasikan lewat sebuah potongan Facebook Live berdurasi 1 menit 2 detik yang dilakukan oleh seorang penumpang di dalam kabin. Video ini pun viral di media sosial.

Potongan video itu menampilkan kondisi penumpang yang tampak “tenang” di dalam kabin, hingga detik-detik ketika pesawat mulai miring, jatuh, dan terbakar.

Usut punya usut, penumpang yang mengabadikan detik-detik jatuhnya pesawat Yeti Airlines itu adalah Sonu Jaiswal, pria berusia 29 tahun asal distrik Ghazipur di negara bagian Uttar Pradesh, India. Menurut laporan The Guardian, Sonu menaiki pesawat Yeti Airlines bersama tiga temannya, yaitu Anil Rajbhar (28), Vishal Sharma (23), dan Abhishek Singh Kushwaha (23). Keempatnya berada dalam “pesawat maut” itu untuk mengunjungi kuil dan paralayang di pegunungan Annapurna yang terkenal di Nepal.

Di awal video, Sonu terlihat gembira dan tersenyum sembari merekam kondisi di dalam kabin pesawat yang terlihat tenang. Bahkan di latar belakang video ada suara seorang pria yang mengatakan “sangat menyenangkan” dengan nada gembira.

Tak lama dari itu, pesawat tampak oleng diikuti dengan teriakan para penumpang dan raungan suara mesin yang keras. Rekaman video Sonu yang masih menyala merekam setiap detik momen akhir pesawat Yeti Airlines itu. Hingga akhirnya, pesawat jatuh ke daratan dan terbakar. Setelah itu, tidak ada lagi suara jeritan penumpang yang terdengar. Kobaran api terlihat melahap seluruh bagian pesawat. Puing-puing pesawat yang terbakar juga sempat terekam dalam video berdurasi 1 menit 2 detik itu.