Tips Untuk Mengobati Batu Empedu

0
39

Suratkabarnasional.com – Batu empedu adalah gangguan kesehatan yang mungkin tidak disadari seseorang karena sering tidak menimbulkan gejala dan tak kasat mata. Batu empedu juga dapat hilang dengan sendirinya dalam bentuk partikel kecil melalui urine. Namun, batu empedu berukuran besar yang menyumbat saluran pencernaan dapat menimbulkan gejala yang menyakitkan, seperti:

  • Nyeri di perut bagian atas yang konstan atau meningkat
  • Mual dan muntah
  • Perut membesar atau kembung dan bersendawa
  • Diare
  • Kram perut

Batu empedu dapat diobati atau dihilangkan melalui prosedur bedah atau operasi, obat-obatan oral, dan secara alami.

  1. Operasi pengangkatan kantong empedu (kolesistektomi)

Dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat kantong empedu Anda, bila rasa sakit akibat batu empedu sering kambuh. Setelah kantong empedu diangkat, empedu akan mengalir langsung dari hati ke usus kecil. Operasi pengangkatan kantong empedu atau kolesistektomi tidak memengaruhi organ pencernaan dalam mencerna makanan, tetapi tindakan bedah ini bisa menyebabkan diare yang bersifat sementara.

  1. Obat untuk melarutkan empedu

Jenis obat oral yang paling sering diberikan untuk melarutkan batu empedu adalah ursodeoxycholic acid. Obat tersebut mendorong batu empedu agar bisa keluar dari tubuh manusia lewat urine. Tetapi konsumsi obat oral untuk mengatasi batu empedu mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Selain itu, ada risiko batu empedu terbentuk kembali jika konsumsi obat dihentikan.

  1. Mengobati batu empedu secara alami

Batu empedu dapat dihilangkan secara alami dengan perbaikan pola makan, terutama membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Selain itu, ada beberapa bahan makanan yang diklaim dapat mengatasi batu empedu, antara lain:

  • Cuka sari apel: cuka sari apel atau jus buah apel dapat melembekkan batu empedu, sehingga dapat keluar dari tubuh dengan mudah.
  • Kunyit: air rebusan kunyit dapat meredakan rasa sakit akibat batu empedu.
  • Perasa lemon: meredakan dan mencegah munculnya batu empedu.
  • Teh hijau: mengandung antioksidan untuk mengurangi peradangan.
  • Minyak zaitun: batu empedu dapat dipecah dan dihilangkan dengan campuran minyak zaitun dengan bahan alami lainnya, seperti apel, sayuran, atau lemon. Selain menghilangkan batu empedu, minyak zaitu juga bermanfaat dalam pembilasan kandung empedu.

Orang dengan batu empedu yang tidak bergejala umumnya tak memerlukan tindakan medis seperti operasi dan obat-obatan oral.

Batu empedu dapat hilang dengan sendirinya atau keluar dari tubuh lewat urine. Penderita juga dapat mengatasi gejala ringan secara alami. Namun, jika gejala yang dirasakan cukup parah dan menurut hasil pemeriksaan batu empedu berukuran besar, penderita harus segera ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan atau obat-obatan berdasarkan saran dokter.